Pentingnya Imunisasi Dasar Lengkap

Administrator 05 Februari 2018 12:44:16 WIB

Sebagai orangtua kita harus peka dan tanpa henti memperhatikan tumbuh kemang anak. Apabila anak sampai sakit rasa khawatir, cemas selalu menghantui selain dari menjaga pola makan dan istirahat anak, sangat penting untuk melakukan IMUNISASI. Imunisasi merupakan upaya pencegahan yang amat bermanfaat untuk mencegah penyakit infeksi yang dapat dicegah dengan imunisasi. Bayi dan balita yang tidak diimunisasi lengkap, tidak mempunyai kekebalan yang spesifik yang optimal terhadap penyakit menular berbahaya.

Berikut ini merupakan lima vaksin imunisasi dasar lengkap:

  1. Vaksin hepatitis B untuk mencegah penyakit hepatitis B dan kerusakan hati. Vaksin ini diberikan 1 kali pada bayi baru lahir yang berusia kurang dari 7 hari. Saat bayi baru lahir, biasanya bayi akan langsung diberikan vaksin ini.
  2. Vaksin BCG untuk mencegah penyakit tuberkulosis (TBC). Vaksin ini diberikan 1 kali pada bayi yang berumur 1 bulan.
  3. Vaksin DPT-Hepatitis B untuk mencegah difteri, pertusis, tetanus, dan hepatitis B. Vaksin ini diberikan 3 kali, yaitu pada saat bayi berumur 2 bulan, 3 bulan, dan 4 bulan.
  1. Vaksin polio untuk mencegah polio. Polio dapat menyebabkan kelumpuhan dan tungkai kaki dan lengan. Vaksin ini diberikan 4 kali, yaitu pada saat bayi berumur 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan, dan 4 bulan.
  2. Vaksin campak untuk mencegah campak. Campak dapat menyebabkan komplikasi radang paru, radang otak, dan kebutaan. Vaksin campak diberikan 1 kali saat bayi berumur 9 bulan.

Dengan pekanya orangtua akan pentingnya imunisasi sangat bermanfaat dalam tumbuh kembang anak. Imunisasi bukan hanya program pemerintah tapi INVESTASI KESEHATAN UNTUK ANAK.  

Komentar atas Pentingnya Imunisasi Dasar Lengkap

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar